Bagaimana Cara Memakai Peralatan Makan di Acara Makan Malam yang Formal

  • 0

Mengetahui peralatan makan yang mana untuk digunakan di acara makan malam yang formil sangatlah penting jika Anda ingin meninggalkan kesan yang baik. Apakah Anda di pesta makan malam yang mewah atau restoran bintang lima, Anda bisa menunjukkan pengetahuan tata cara makan Anda tanpa terintimidasi.


Ingatlah bahwa jika Anda tidak yakin garpu yang mana harus dipakai, ikuti hosti. Bahkan jika dia memakai garpu yang salah, Anda harus menunjukkan hormat dengan melakukan hal yang sama selama Anda tidak menarik perhatian atau memalukan host.



Photo credit: Richard Ellgen/Demand Media


Letak Peralatan Makanan


Biasanya, Anda bisa mengikuti penarukan peralatan makan dengan urutan dari yang paling jauh ke yang paling dekat dari piring. Garpu di sebelah kiri, dengan garpu salat terlebih dahulu, dan kemudian garpu untuk makan di sebelah piring. Di sebelah kanan piring Anda akan menemukan pisau, pisau untuk makanan pembuka atau salat, sendok, sendok sup, dan garpu tiram. Bagian bilah pisau harus diposisikan dengan bagian pemotong dekat dengan piring. Garpu dan pisau yang paling dekat dengan piring adalah untuk makanan utama.


Garpu atau sendok pencuci mulut kebanyakan akan ditaruh secara paralel atau diagonal dengan ujung meja yang dekat dengan bagian atas piring Anda. Kadangkala ditaruh di piring pencuci mulut yang kosong. Tidak semua tempat makan formil mempunyai semua peralatan makan yang disebutkan; Anda akan menemukannya jika Anda membutuhkannya untuk salah satu hidangan Anda.


Teknik Makan yang Benar



Photo credit: Slate Magazine


Mengetahui cara makan dengan peralatan makan sangatlah penting pada saat makan malam formil. Taruhlah garpu di tangan yang biasanya Anda gunakan untuk makan atau tulis. Cara Amerika untuk memotong daging adalah dengan menaruh garpu di satu tangan untuk memastikan daging di tempat dan memegang pisau dengan tangan yang lainnya untuk memotong. Kemudian taruhkan pisau dan pindahkan garpu ke tangan yang biasanya Anda pakai untuk mengangkat potongan-potongan daging ke mulut Anda.


Cara orang Inggris memotong dan memakan daging adalah dengan tidak memindahkan garpu, tetapi dengan mengangkat daging ke mulut Anda dengan garpu di tangan yang tidak biasanya Anda pakai. Ini melewatkan satu langkah yakni berganti tangan setiap kali Anda harus memotong daging.


Pada saat makan sup Anda harus memakai sendok berukuran agak besar yang berbentuk seperti mangkok. Pastikan mangkok sup tetap di meja; jangan pernah mengangkat atau memiringkannya. Sendoklah sup menjauh dari tengah mangkok, dimana Anda berawal. Bawalah sendok ke mulut Anda dan memiringkannya agar Anda bisa mencucupnya dari ujung. Anda tidak boleh pernah membuat suara cucupan pada saat makan sup.


Saran tambahan


Pada saat Anda makan di acara makan malam yang formil, ingatlah bahwa peralatan makan adalah alat. Tiap peralatan makan ada gunanya, dan jika Anda mempelajarinya, Anda seharusnya tidak akan ada masalah dengannya. Dalam pertemuan yang tidak formil, tidak apa-apa untuk makan ayam atau potongan daging babi dengan tangan. Akan tetapi, berbeda dengan acara formil. Anda harus selalu menggunakan garpu. Jangan menggunakan peralatan makan untuk menunjuk atau memberikan gerak-isyarat.


Pada saat Anda minum air, teh, kopi, anggur, atau minuman lainnya, taruh peralatan makan Anda sebelum mengangkat gelas atau cangkir. Setelah Anda menggunakan tiap peralatan makan, taruhkan di ujung piring; jangan menaruhnya balik ke barisan.


Ingatlah bahwa jika Anda melakukan kesalahan, kebanyakan orang kemungkinan tidak akan mengetahuinya jika Anda tidak menarik perhatian mereka. Nyatanya jika Anda perhatikan sekeliling meja dan melihat orang lain, Anda akan menemukan bahwa Anda mengetahui lebih banyak tentang tata cara makan daripada sebagian besar dari mereka. Janganlah menegur orang lain yang makan dengan tata cara tidak benar karena ini menunjukkan perilaku yang jauh lebih buruk daripada menggunakan garpu yang salah.


Article source: http://etiquette.about.com/od/TableManners/a/How-To-Use-Utensils-At-A-Formal-Dinner.htm

No comments:

Post a Comment