[Food Knowledge] World’s Record! French people are spending 2 hours for lunch, 5 hours for dinner!

  • 0
Pernakah kamu mendengar tentang berapa lama orang Perancis menghabiskan waktunya untuk makan? Ataukah kamu pernah ke Perancis dan merasakan panjangnya waktu santap disana? Orang Perancis sangat suka makan dengan laju  Orang Prancis ingin makan dengan santai, bahkan jika mereka berada di tengah jadwal bisnis yang sibuk. Untuk orang Perancis, menikmati makanan lezat, dengan kecepatan santai, adalah bagian tak terpisahkan dari budaya mereka. Namun … Lima jam untuk makan malam … apakah tidak terlalu lama untuk dianggap sebagai normal? Apakah kamu tidak ingin tahu tentang apa yang sesungguhnya mereka lakukan selama waktu makan?


Sebenarnya, orang Perancis tidak memiliki nafsu makan lebih besar dari kita. Hanya saja, mereka terbiasa menikmati hidup pada kecepatan yang lebih santai, dan mereka sangat peduli tentang etiket. Kedua budaya ini adalah penyebab mengapa mereka menghabiskan waktu begitu lama untuk makan!


Pada pesta kasual biasa dengan teman-teman atau keluarga, tuan rumah akan menyambut setiap tamu dengan cipika cipiki. Bayangkan jika ada 15 tamu dalam satu pesta, tuan rumah harus menghabiskan lebih dari tiga puluh menit hanya untuk menyambut mereka. Setelah itu, satu jam akan dihabiskan untuk berbasa-basi untuk sekedar menanyakan tentang kehidupan masing-masing.


Makanan dimulai ketika tuan rumah mulai membuka beberapa  botol anggur untuk setiap orang mencicipi, ini adalah apa yang disebut sebagai appetizer wine. Bagian ini dapat berlangsung hingga tiga puluh menit. Jadi sampai sekarang mereka telah menghabiskan total dua jam, dan mereka belum menyentuh makanan sesungguhnya. Setelah para tamu selesai mencicipi anggur, tuan rumah akan mengundang para tamu untuk duduk di meja makan dan memulai santapan.


Urutan untuk makan Perancis yang khas akan Sup - Salad - Hidangan Utama - Makanan Pencuci Mulut - Teh/Kopi, dan diakhiri dengan satu gelas anggur yang kuat. Seperti yang kebanyakan Anda tahu, setiap hidangan disajikan satu per satu, setelah Anda menyelesaikan salah satu hidangan, yang berikutnya akan disajikan segera. Etiket ini tidak hanya berlaku untuk pesta rumah, tetapi juga di sebagian besar restoran di Perancis. Proses ini dan ditambah dengan budaya Perancis yang suka berlambat-ria, mereka butuh tiga sampai empat jam untuk menyelesaikan makanan mereka.


Setelah semua informasi ini, kamu pasti senang kita tidak memiliki aturan ketat dan etiket ribet untuk makan? Kita tidak harus menghabiskan seperlima dari hari kita hanya untuk satu kali makan, syukurlah! Namun, mengapa tidak mencoba bagaimana orang Perancis dapat begitu bersabar dalam menyelesaikan santapan mereka yang begitu panjang! Berikut adalah salah satu restoran Perancis terfavorit di Jakarta. Tidak hanya makannya lezat, dekor restorannya juga akan membuat kamu merasa berada di Perancis!


 


Lyon Restaurant



(Photo credit: JKTGO and Jakpost)


 


Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Indonesia 10310


Lunch: 11:30am – 2:30pm (Mon – Fri)


Brunch: 11:30am – 2:30pm (Sat)


Dinner:6:30 – 10:30pm (Mon – Sun)

No comments:

Post a Comment