8.10.2014

Panduan untuk Memesan Tuna Sushi

Banyak dari kalian pasti sudah akrab dengan kata maguro, yang merupakan bahasa Jepang untuk jenis ikan tuna sirip biru. Maguro merupakan jenis ikan yang paling populer untuk dipesan di restoran jepang. Tetapi, tahukah Anda ada lebih dari satu jenis tuna sushi yang dapat dipesan?


Tuna adalah salah satu item sushi langka di mana pesanan Anda tidak hanya ditentukan oleh jenis tuna yang Anda konsumsi, tetapi juga dari bagian badan ikan. Pada dasarnya, ikan tuna dibagi menjadi dua subtipe berdasarkan kandungan lemaknya: akami dan toro.


 



(Sumber: http://en.ilovecoffee.jp/posts/view/89)


 


Akami terdiri dari bagian atas dan punggung dari ikan tuna, yang juga merupakan bagian dengan kandungan lemak lebih sedikit. Akami kemudian juga dibagi ke dalam tiga kategori berbeda berdasarkan kualitasnya: se-kami (kualitas menengah), se-naka (kualitas tertinggi) dan se-shimo (kualitas terendah).


Nah, kalau toro tentu saja bagian yang lebih banyak lemak dan juga bagian dimana daging tuna sangat lembut. Toro juga lebih dipecah menjadi tiga subtipe yang berbeda, dan mereka lebih mahal karena kelangkaan relatif terhadap proporsi dari seluruh ikan. Ketiga subtipe ini adalah:


1. Harakami atau juga dikenal sebagai o-toro, ini adalah bagian paling berlemak dan dapat ditemukan di sisi perut. Bagian ini sangat berlemak, sehingga sepotong sashimi ini benar-benar akan meleleh di dalam mulut Anda.


2. Haranaka atau juga dikenal sebagai chu-toro, banyak disukai karena tidak memiliki banyak lemak dibandingkan dengan o-toro. Bagian ini menggabungkan rasa pahit ringan namun mendalam dari akami dengan kelembutan manis dari o-toro.


3. Hara-shimo adalah bagian dengan kandungan lemak terendah. Meskipun begitu, harga bagian ini umumnya tetap lebih tinggi dibandingkan dengan akami.


Pembagian tuna ini sangat menarik karena akami dan toro memiliki rasa yang berbeda walaupun mereka berasal dari ikan yang sama. Toro memiliki warna merah terang dengan garis lemak putih, dibandingkan dengan akami, yang memiliki warna merah tua yang dalam.


Dengan info yang lengkap ini, sekarang adalah waktu untuk pergi mencoba ke high-end sushi bar dan mencoba memesan berbagai bagian ikan tuna untuk mencari tahu favorit Anda! Jika Anda tidak tahu restoran sushi yang enak, cobalah rekomendasi dari kami. Di sini adalah rekomendasi. Restoran ini adalah salah satu yang terbaik di Jakarta, wajib dicoba untuk para pecinta sashimi!


Sushi Sei Senayan


Address: JL Asia Afrika No 8, Plaza Senayan, Gedung Parkir P4 FI Unit P407, Jakarta, DKI Jakarta 10270, Indonesia


Hours: 11:30 am – 3:00 pm, 5:30 – 10:00 pm


No comments:

Post a Comment